AMDAL adalah singkatan dari Analisa Mengenai Pengaruh Lingkungan

AMDAL adalah singkatan dari Analisa Mengenai Pengaruh Lingkungan

AMDAL adalah singkatan dari Mengenai Dampak Lingkungan. Dalam Aturan Pemerintah No. 27 tahun 1999 seputar Analisa Mengenai Dampak Lingkungan disebutkan bahwa AMDAL yakni kajian mengenai imbas besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha dan/atau aktivitas yang direncanakan pada Iingkungan hidup yang dibutuhkan bagi proses pengambilan keputusan seputar penyelenggaraan usaha dan/atau kesibukan.

AMDAL sendiri adalah suatu kajian mengenai dampak positif dan negatif dari suatu rencana aktivitas/proyek, yang diterapkan pemerintah dalam mempertimbangkan apakah suatu kegiatan/proyek Iayak atau tidak Iayak Iingkungan. Kajian dampak positif dan negatif tersebut lazimnya dibentuk dengan menentukan aspek jasmaniah, kimia, biologi, sosial-ekonomi, sosial­kebiasaan dan kesehatan masyarakat.

Suatu agenda kesibukan bisa diungkapkan tak Iayak Iingkungan, sekiranya menurut hasil kajian AMDAL, pengaruh negatif yang timbulkannya tak bisa ditanggulangi oleh teknologi yang tersedia. Analisa juga, apabila biaya yang diperlukan untuk menanggulangi pengaruh negatif Iebih besar daripada manfaat dari pengaruh positif yang akan ditimbulkan, karenanya rencana aktivitas - tersebut dinyatakan tidak Iayak Iingkungan. Suatu rencana aktivitas yang diputuskan tidak Iayak Iingkungan tak dapat dilanjutkan pembangunannya.

Dokumen Analisis Imbas Lingkungan Hidup (ANDAL)Dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL)Dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan