Tipe Kain Batik Tradisional

Tipe Kain Batik Tradisional

Kain batik menjadi salah satu kain yang telah ada sejak lama. Kain batik ini dapat dibilang juga menjadi salah satu ciri bangsa Indonesia atau identitas. Kalau mendengar batik pasti sudah tentu nama Indonesia lah yang terlintas pertama kali. Tidak cuma pulau Jawa yang mempunyai kain batik hampir di semua Indonesia ini mempunyai kain dengan motif batik ciri khas masing-masing daerah. Kalian dapat membaca isu di bergaya.id. Ada banyak sekali variasi kain batik yang ada di Indonesia baik kain batik tradisional ataupun kain batik modern. Berikut akan diulas mengenai sebagian jenis kalian batik yang dapat kalian kenal di semua Indonesia.

 

Kain batik yang pertama ialah kain batik yang berasal dari kota Aceh. Bergaya motif batik dari kota Aceh ini mempunyai ciri khas tersendiri. Motif-motif batik yang berasal dari kota Aceh ini kebanyakan terinspirasi dari estetika alamnya. Batik asal Aceh ini memiliki rasa tradisional yang masih sangat kental terlihat dari motif-motifnya. Motif batik yang berikutnya merupakan batik yang berasal dari Kota Lampung. Lampung juga mempunyai banyak sekali motif dari batik Lampung ini salah satunya adalah motif Gajah. Motif ini tentunya layak dengan Kota Lampung yang masih mempunyai banyak Gajah.

 

Motif kain batik yang berikutnya merupakan berasal dari kota Solo. Tidak perlu diragukan lagi kota Solo ini memang menjadi salah satu sentra atau pembuat batik di provinsi Jawa Tengah. Sama dengan tipe kain batik yang lainnya, batik dari kota Solo ini juga masih mengusung tema alam di tiap-tiap motifnya. Salah satu motif batik dari kota Solo yang terkenal merupakan motif burung dan tumbuhan. Ragam kain batik selanjutnya datang dari kota Pekalongan. Pekalongan juga menjadi pusat batik yang ada di Jawa Tengah. Salah satu ciri dari batik asal Pekalongan ini merupakan warnanya yang cerah.

 

Umumnya batik Pekalongan ini akan menonjolkan motifnya sehingga latarnya akan berwarna polos saja. Macam kain batik yang berikutnya yaitu datang dari kota Palembang. Tidak hanya songket, Palembang juga mempunyai motif batik yang perlu kalian ketahui salah satu motif batik Palembang merupakan motif dari sisik ikan. Variasi kain batik yang berikutnya merupakan dari kota Cirebon. Tak diragukan lagi, batik dari kota Cirebon ini telah sangat banyak diketahui sampai keluar pulau. Motif batik dari Cirebon ini yakni mega mendung.

 

Jenis batik yang berikutnya ialah dari Kota Kalimantan, batik dari kota Kalimantan ini mempunyai corak yang sangatlah khas seandainya diperbandingkan dengan batik-batik dari kota yang lainnya. Batik dari kota Kalimantan ini mempunyai motif gari yang tebal dan juga tegas. Nah itulah tadi sebagian variasi kain batik yang ada di Indonesia. Kalian bisa membaca berita melewati situs bergaya . Semoga bisa berkhasiat.